Apakah Makna Pertemuan Dengan Allah Itu?

Posted on Updated on

Kata pertemuan dengan Allah (liqa’ Allah) disebutkan berulang-ulang dalam al-Qur’an yang benar-benar memiliki arti “kehadiran di akhirat” . Jelaslah maksud dari “pertemuan dengan Allah” bukanlah pertemuan secara fisik seperti halnya pertemuan manusia dengan manusia lainnya yang saling berhadapan.

Tentunya kita memahami bahwa Allah bukanlah substansi fisis dan memiliki warna dan menempati ruangan, atau dapat kita lihat dengan kedua mata . Jadi, seperti yang dikatakan oleh sekelompok mufasir, malsud dari kata tersebut adalah tanda-tanda kekuasaan-Nya di alam akhirat, seperti karunia, ganjaran dan azab.

Atau bisa juga ia berarti intuisi esoteris dalam hati atau jiwa,karena terkadang manusia mencapai suatu titik dimana ia dapat melihat Tuhan dihadapannya melalui mata hatinya (sebagaimana menurut Fahrur Razi ). Dalam keadaan seperti ini , keraguan tidak akan terus bersemayam dalam dirinya.

Keadaan seperti ini dapat terjadi pada sebagian orang yang di dunia ini sebagai buah dari ketakwaan, ibadah, dan penyucian diri. Pengandaran berikut, yang dikutip dalam Nahj al-Balaghah, menegaskan makna ini. Seorang sahabat Amirul Mukminin Ali as, Dzi’lib al-Yamani, seorang yang terpelajar, suatu ketika bertanya kepada beliau mengenai apakah Ali as melihat Allah, Tuhannya. Imam as menjawab: Apakah aku menyembah Zat yang aku tidak dapat melihatnya?” kemudian orang itu meminta beliau menjelaskannya dan Ali as menambahkan. “ Mata (lahir) tidak melihatNya secara berhadapan, tetapi mata hati(jiwa) melihat-Nya melalui realitas keimanan…..”

Seseorang Khawarij datang menemui Imam Bagir as, kemudian ia bertanya: Apakah sesuatu yang sedang kau sembah? Imam menjawab: “Allah”. Kemudian laki-laki itu balik bertanya: “Apakah engkau melihat-Nya? Beliau as menjawab: “Mata-mata ini dengan penyaksiannya, tidak akan pernah melihat-Nya. Tetapi akan menyaksikan-Nya dengan realitas keimanan.”

Namun di akhirat, semua umat manusia akan memiliki intuisi esoteris ini karena tanda-tanda keagungan dan kekuasaan Allah akin begitu jelas sehingga tak seorangpun dapat menghindarinya. Semuanya akan memiliki keyakinan kuat akan segala sesuatu.

Sumber: Tafsir Nurul Qur’an

Iklan

13 thoughts on “Apakah Makna Pertemuan Dengan Allah Itu?

    oRiDo said:
    Agustus 3, 2007 pukul 10:10 am

    semoga kita semua termasuk dalam golongan yang senang utk dapat bertemu dengan Allah swt..

    semoga kita mati dalam keadaan akhir yg baik..

    amin..

    Ibn Dahari said:
    Agustus 4, 2007 pukul 1:50 am

    Tuan,
    Terimakasih. Dan minta diberkati saya dengan ilmu ini insyaallah.

    Aris Kuncoro said:
    September 11, 2007 pukul 10:54 am

    Menurut saya, pertemuan atau komunikasi dengan Allah, bisa dilakukan melalui qolbu yang suci. Setiap manusia yang lahir didunia pasti mempunyai rohulloh atau roh suci atau roh kudus. Masalahnya adalah rohulloh atau roh suci yang ada dalam diri kita itu tidak bisa aktif karena diri kita dikuasai oleh empat nafsu (anafsir) berupa iblis yang bersifat serakah, setan yang bersifat jahil, jin yang bersifat pemalas dan nikmat duniawi serta malaikat bersifat suka menolong. Nah, jika roh suci yang ada dalam diri kita bisa aktif menguasai empat hawa nafsu tersebut, maka kita benar-benar akan menjadi manusia pilihan Allah. Untuk mengaktifkan roh suci yang ada dalam diri kita itu, ada kuncinya…Mau tahu lebih lanjut? Kontak saya lewat email:akun1964@yahoo.com atau 08999939848..

    Nanokia.Blog « Nanokia’s Weblog said:
    Mei 17, 2008 pukul 8:52 am

    […] Ditulis dalam Hikmah | 3 Komentar » […]

    sufimuda said:
    Agustus 6, 2008 pukul 12:33 pm

    Alangkah indahnya memandang wajah-Nya

    hasan said:
    Januari 21, 2009 pukul 2:07 pm

    Alangkah nikmat bertemu dengan-Nya

    Bambang. said:
    Februari 7, 2009 pukul 8:47 am

    Ass.wr.wb,
    Alhamdulillah, saya sudah menemuiNYA ,mendengarNYA dan melihatNYA.
    InsyaAllah saudaraku semua pada suatu saat akan mengalami juga apa yang pernah saya alami.

    Wassalam.

    tomy said:
    Januari 30, 2010 pukul 3:37 am

    Assalamualaikum …

    Semoga kita dan keluarga (orang2 yang kita cintai ) di dunia ini…..selamat dari semua azabNya ….mendapatkan Rahmat sehingga berkumpul di SurgaNYA. Amin….

    brantas said:
    Juli 13, 2010 pukul 2:48 pm

    maha benar allah dg segala firman”y

    rahman said:
    September 15, 2010 pukul 3:04 pm

    alloh itu memang tak terlihat tapi bisa di lihat kekuasaannya

    Salsa said:
    Oktober 18, 2010 pukul 9:45 am

    Menurut saya perjumpaan dengan Allah pasti akan terjadi namun tidak dengan mata lahiriah melainkan dengan mata hati.

    Allah selalu ada di hati manusia beriman. Jadi jika ingin dapat hati kita selalu ingat pada Allah, bersihkan selalu hati kita dari segala penyakit-penyakit yang akan membuat kekotoran.

    jadikan hati kita bercahaya karena disitulah kita bisa merasakan kehadiran Allah walaupun kita tidak dapat melihatnya. Jika kita ingin berjumpa dengan Allah, maka Allahpun mau berjumpa dengan kita.

    Semoga kita bisa menjadi salah satu orang yang ditunggu Allah dalam berjumpa.

    zaid habibie said:
    November 2, 2010 pukul 12:56 pm

    WA HUWA MAAKUM AINA MA KUNTUM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s