Resensi Buku ‘The Last Messiah’

Posted on Updated on

LastMessiah_Jil-1-1

Berdasarkan pandangan para teolog, seperti Syekh Mufid dan Khoja Nasharudin Thusi, peletakan hidayah umum bagi umat manusia dalam wadah imamah merupakan salah satu gambaran luth Ilahi yang paling nyata, dan sudah seharusnya bagi Allah Swt untuk memilih para washi dan khalifah utk Nabi terakhir, Rasul saw. Hal ini agar tujuan penciptaan manusia dapat tercapai, karena para washi bertanggung jawab utk memberi petunjuk dan tuntunan bagi manusia menuju keberuntungan dan kebahagiaan.

Jadi terkait dengan kewajiban adanya imamah adalah imam adalah luthf Ilahi, wajib bagi Allah Swt utk memilih dan menetapkannya demi tercapainya tujuan penciptaan. Buku ini disusun oleh Muhammad Imam Kasyani, ulama sekaligus peneliti mumpuni, berdasarkan riset yang mendalam selama bertahun-tahun.

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pada dasarnya setiap agama , khususnya samawi, memiliki kepercayaan seorang juru selamat, seorang ‘Messiah’. Menurutnya, kepercayaan pada seorang ‘Messiah’ suatu hal yang dapat dibuktikan secara rasional-filosofis. Pada jilid pertama buku ini, mereduksi dogmatisme atas kepercayaan mesianistik, yg dikuatkan oleh sejumlah filsuf seperti ibnu Arabi dan Mulla Sadra.

Pada jilid kedua, menampilkan dialognya dengan berbagai pemuka agama samawi, juga dari kalangan filsuf dan teolog. Di antara mereka adalah Sri Paus Benediktus XVI, Roger Garaudy dan Paul Ricouer. Juga dialog penulis dengan tokoh Ahlusunnah: Dr. Muhammad Sayid Thanthawi, Dr. Ahmad Umar Hasyim, Syekh Abdullah Bassam, hingga Dr. Wahbah Zuhaili, seorang ahli fikih kontemporer.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s